Coordinadora | Apa Itu Ice Breaking? Inilah Penjelasan Lengkap yang Harus Kamu Tahu!

Author:

[ad_1]

Mengikuti acara yang membuatmu harus tetap fokus akan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Sayangnya tidak semua acara menghibur, beberapa bahkan dapat membuatmu merasa bosan. Disinilah tugas moderator untuk melaksanakan ice breaking. Apa itu ice breaking?

Namun sebelum mempraktikkan ice breaking di dalam acara terutama diskusi, ada baiknya untuk mengetahui definisi dari intermeso satu ini. Mulai dari ice breaking itu apa? Apa manfaat yang ia berikan? Lalu apa saja contohnya dan kapan harus memainkannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah inI!


Apa Itu Ice Breaking?

Sebelum membahas apa itu ice breaking, pernahkah kamu mengikuti kegiatan yang mana banyak orang dari berbagai latar belakang berkumpul? Saat ini hal terjadi, sudah dapat dipastikan bahwa banyak orang merasa kurang nyaman. Ketidaknyamanan dan kekakuan akan muncul karena banyak alasan.

Contohnya adalah tempat yang asing dan berkumpulnya orang asing yang tidak saling mengenal. Karena dua alasan utama tersebut, moderator melakukan ice breaking. Dalam Bahasa Indonesia, ia bermakna memecahkan es. 

Namun dalam arti yang sesungguhnya, ice breaking adalah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tertentu untuk mencairkan suasana yang kaku atau kurang nyaman. Saat ice breaking telah moderator lakukan, maka setiap orang di dalam perkumpulan tersebut akan merasa rileks dan lebih nyaman.

Dalam melaksanakannya, ada moderator harus memilih metode yang paling cocok untuk diaplikasikan ke dalam perkumpulan. Mulai dari metode ceramah untuk kegiatan yang khusus membahas tentang motivasi, kemudian metode studi kasus yang meminta peserta untuk memecahkan masalah, dan metode permainan. 

Kamu dapat menyebut kegiatan satu ini sebagai intermeso. Ia bernama demikian sebab mengalihkan perhatian peserta perkumpulan sejenak untuk menjadi lebih nyaman namun tidak teralihkan sepenuhnya. 

Ice breaking sangat sesuai untuk moderator aplikasikan di beberapa kegiatan perkumpulan. Seperti kegiatan belajar dan mengajar, seminar, webinar, pelatihan, rapat kerja, dan family gathering.


Manfaat Ice Breaking

Dalam melaksanakan ice breaking, ada beberapa manfaat yang harus tersampaikan kepada para peserta. Namun setiap intermeso dapat berhasil apabila moderator membawakannya dengan luwes. Beberapa manfaat yang akan peserta dapat dalam pelaksaan intermeso antara lain:

1. Merasa Nyaman di Tempat Baru

Mendatangi sebuah tempat baru akan membuatmu kurang nyaman dan kadang merasa gugup. Namun intermeso yang moderator laksanakan dapat membantumu dalam mengatasi masalah tersebut. Terutama bagi mereka yang datang sendirian dan tidak kenal dengan siapapun.

Dengan menyambut setiap peserta yang datang dan melaksanakan ice breaking dadakan, maka kamu bisa melihat usaha moderator untuk membuatmu nyaman di ruang baru. Sebab saat kamu gelisah dan tidak bisa nyaman, kamu tidak akan bisa mengikuti setiap acara yang dilaksanakan dengan baik.

Kendati demikian, setiap moderator acara sudah pasti siap dengan konsekuensi tersebut dan wajib melaksanakan intermeso agar membuat setiap peserta merasa lebih baik. 

2. Ice Breaking Menambah Kenalan

Seperti yang manfaat pertama jelaskan, membuatmu nyaman di satu tempat baru akan membuatmu lebih luwes. Mungkin saat pertama datang kamu akan menunjukkan mode tidak nyaman sebab merasa gugup. Namun jika intermeso telah moderator lakukan, kamu pasti merasakan keramahan dalam ruangan tersebut.

Setelah kamu merasa nyaman, kamu bisa berkenalan dengan orang lain. Tidak perlu mencari kenalan yang duduk jauh denganmu, namun kamu dapat memulai berkenalan dengan mereka yang duduk di sebelahmu. Membuat obrolan sedikit demi sedikit dapat membantumu dalam menambah kenalan.

Meskipun tidak semua orang suka dengan orang baru, namun usahamu untuk mendekati mereka atau bahkan terbantu dengan permainan yang dilaksanakan moderator dapat membuatmu kenal lebih banyak orang.  

3. Ice Breaking Membuat Suasana Lebih Kondusif

Dalam mengikuti sebuah kegiatan, tidak semua acara akan terasa menyenangkan. Setiap orang memiliki selera acara dan kegiatan mereka sendiri. Beberapa ada yang lebih suka duduk diam dan mendengarkan dengan khidmat, namun sebagian lebih menyukai kegiatan yang dapat membuat mereka bergerak.

Namun kita tidak dapat membuat setiap orang duduk diam dan fokus ke dalam pembahasan. Di sinilah manfaat dari intermeso dapat kamu rasakan. Setiap pergerakan yang terjadi dapat moderator rasakan sehingga akan lebih baik untuk menjadikan suasana perkumpulan lebih kondusif.

Terutama apabila semua peserta mengobrol dengan teman sebangku atau lebih fokus pada telepon genggam. Moderator dapat melaksanakan intermeso kecil-kecilan untuk membuat para peserta fokus dan tidak mengobrol sendiri sehingga pembahasan dapat berjalan dengan lancar. 

4. Menambah Konsentrasi Pada Peserta

Selain masalah kurang nyaman dan acara yang melelahkan, ada satu masalah lagi yang tidak dapat sebuah acara hindari. Ia adalah berkurangnya konsentrasi pada peserta. Biasanya hal ini terjadi ketika acara dilaksanakan mulai dari pagi buta atau justru acara baru selesai saat malam hari. 

Sedangkan dalam kedua waktu tersebut adalah waktu vital dimana para peserta merasa lelah dan ingin beristirahat. Beberapa bahkan merasakan kantuk yang sangat mengganggu. Apalagi ketika pembahasan acara terlalu berat atau membosankan, peserta pasti mengantuk. 

Inilah saat yang tepat bagi moderator untuk melaksanakan ice breaking. Manfaat terakhir yang dapat kamu rasakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah menambahnya konsentrasi saat acara berlangsung. Permainan yang sebentar dapat membuat mata lebih segar dan siap mengikuti acara hingga selesai.


Contoh Permainan Ice Breaking

Ice breaking adalah kegiatan dengan banyak metode yang dapat moderator aplikasikan sesuai dengan perkumpulan atau acara. Namun metode ice breaking yang paling populer adalah metode permainan atau studi kasus. 

Sebelum mengaplikasikan ice breaking dalam perkumpulanmu, pastikan kamu menyesuaikan permainan apa dan siapa target peserta. Jangan sampai membuat permainan yang tidak sesuai sehingga membuat orang kurang nyaman. 

Yuk, pelajari contoh permainan ice breaking yang dapat menarik peserta dan bisa memberi mereka manfaat. Apa itu permainan ice breaking yang sesuai?

1. Permainan Mengenalkan Diri 

Permainan intermeso yang pertama dan dapat menguatkan tali silaturahmi para peserta adalah mengenalkan diri. Nama adalah unsur terpenting untuk memanggil seseorang. Kamu harus menghormati setiap nama seseorang dan dilarang memanggil nama orang lain sembarangan.

Untuk melakukan permainan ini, moderator dapat membuat setiap peserta berdiri dan membentuk lingkaran. Kemudian minta setiap orang untuk mengenalkan diri dengan maju satu langkah ke depan. Ajak setiap peserta untuk saling berinteraksi dan menghafalkan dua nama teman di samping kanan dan kiri.

Kemudian lakukan permainan perkenalan diri dengan cara menunjuk salah seorang teman dan buat ia untuk menyebut salah satu nama teman di kanan dan kirinya. Apabila ia yang tertunjuk telat menjawab dan justru teman di samping kanan atau kiri lebih cepat, maka ia terelminasi.

Intermeso satu ini bermanfaat untuk membantu setiap pserta mengenal kawan baru. Selain itu, permainan mengenalkan diri dapat membantu untuk mengurangi kecanggungan akibat tidak saling mengenal satu sama lain. 

2. Permainan Ice Breaking Sambung Kata

Permainan ice breaking kedua yang dapat moderator aplikasikan dalam sebuah acara adalah sambung kata. Sambung kata dimulai dengan moderator memberi sebuah kata yang termasuk kata benda. Kemudian peserta melanjutkan kata tersebut dengan mengambil inisial terakhir. 

Peserta harus menyebut kata-kata tertentu. Tentukan bentuk kata yang harus peserta ucapkan dan berikan juga larangan kata. Kamu dapat memberi ketentuan kata yang harus peserta ucapkan terdiri dari kata benda, kata sifat, dan kata keterangan  

Untuk menambah tingkat kesulitan, beri larangan nama orang atau nama tokoh. Tambahkan pula ketentuan kata yang telah terucap tidak boleh diucapkan kembali. Manfaat dari permainan sambung kata adalah menambah konsentrasi pada peserta yang mulai lelah akibat terlalu banyak pembahasan. 

3. Permainan Siapa Dia?

Apabila kamu memiliki waktu lebih, membuat permainan menggunakan beberapa properti akan lebih menyenangkan. Cara untuk mempersiapkan permainan siapa dai atau tebak gambar cukup mudah. Kamu dapat menyiapkan beberapa gambar orang atau tokoh terkenal di Indonesia maupun di luar negeri.

Apabila kamu merasa mencetak gambar banyak orang merepotkan, maka kamu dapat menyiapkannya di PowerPoint. Saat kamu memutuskan untuk menyediakan gambar melalui PPT, maka persiapkan pula LCD dan proyektor untuk menunjukkan gambar tersebut.

Kemudian kumpulkan setiap peserta dan bagi mereka menjadi beberapa kelompok yang berisi 5 hingga 7 orang. Tunjukkan satu gambar untuk satu kelompok, apabila mereka berhasil menjawab maka berikan poin. Namun apabila kelompok tersebut tidak dapat menjawab, berikan kesempatan ke kelompok lain untuk menjawab.

Semakin banyak gambar yang dapat mereka tebak, semakin banyak pula poin yang mereka dapat. Kamu dapat memberikan hadiah bagi mereka yang memiliki poin terbanyak dan hukuman mudah bagi kelompok dengan nilai paling sedikit. Sebagai contoh mintalah kelompok yang kalah untuk memberikan intisari diskusi waktu itu.  

4. Permainan Ice Breaking Rumus Benar dan Salah

Setelah fokus bermain dengan mengandalkan ingatan, sekarang adalah saat untuk bermain rumus benar dan salah. Cara untuk memainkan permainan satu ini cukup mudah. Ajak semua peserta untuk berdiri di kursinya dan minta mereka untuk memberi jarak satu lengan dengan teman yang lain.

Setelah itu, kamu dapat memberi mereka perintah dalam rumus benar dan salah. Sebagai contoh, duduk berdiri duduk. Maka setiap peserta harus melakukan apa yang kamu katakan. Perhatikan setiap pergerakan peserta dan latihlah mereka untuk lebih fokus dalam permainan ini.

Rumus lain yang dapat kamu gunakan meliputi cara baris-berbaris, buat kelompok menjadi beberapa orang, hingga berkumpul dengan mereka yang memakai baju senada. Namun jangan memberi terlalu banyak perintah sebab peserta akan pusing dan menjerumuskan mereka menuju rumus yang salah.

5. Permainan Mengambil Stik Es Krim 

Permainan terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengambil stik es krim yang sudah berisi tulisan akan hukuman atau hadiah tertentu. Tujuan utama dalam melakukan permainan ice breaking ini adalah menyiapkan peserta yang siap dan tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan.

Kamu dapat menuliskan beberapa kalimat seperti meminta mereka untuk menceritakan pengalaman terbaik, membuat mereka untuk menarik kesimpulan pembahasan terakhir, hingga memberi mereka hadiah-hadiah kecil. 

Saat membuat properti untuk permainan ini, pastikan kamu memiliki toples atau wadah tertentu untuk menutupi bagian tertulis di stik es krim. Sebab apabila hukuman atau hadiah tersebut terlihat, maka permainan dapat ditebak dan alurnya menjadi kurang asik.


Waktu Paling Tepat Untuk Ice Breaking

Setelah mempelajari manfaat dan contoh permainan yang dapat kamu aplikasikan saat memiliki kegiatan, sekarang adalah saat untuk mengetahui kapan ice breaking harus kamu laksanakan. Kendati sederhana dan mudah, timing adalah unsur yang penting. Apa itu waktu-waktu tepat untuk ice breaking?

1. Sebelum Memulai Diskusi atau Acara

Kamu dapat melaksanakan ice breaking pertama kali sebelum acara dimulai. Biasanya intermeso di awal akan sangat membantu untuk mengurai acra dan mengurangi ketidaknyamanan di tempat baru. Selain itu melakukan perkenalan secara luwes akan sangat membantu peserta untuk lebih rileks. 

Permainan ice breaking yang dapat kamu laksanakan sebelum memulai diiskusi adalah permainan tepuk tangan sederhana, permainan mengenalkan diri, dll. Membuat peserta mengenal kawan baru akan membuat acara menjadi tidak asing dan memberi kenyamanan tersendiri. 

2. Ice Breaking Saat Suasana Kurang Kondusif

Memiliki acara yang kondusif dengan peserta aktif adalah keinginan setiap pelaksana. Namun ternyata mewujudkan hal tersebut tidak semudah yang kamu kira. Akan ada banyak peserta yang kehilangan fokus sehingga mencari kegiatan lain seperti mengobrol, menggunakan telepon genggam, bahkan mengantuk. 

Solusi untuk memperbaiki suasana yang kurang kondusif adalah dengan melaksanakan ice breaking. Moderator dapat mengambil alih acara sejenak untuk mengembalikan kekondusifan acara. Kamu bisa mengajak mereka bergerak dengan bermain rumus benar salah. 

Menggerakkan tubuh dan membuat suasana lebih ceria adalah solusi paling tepat untuk menghilangkan kantuk sehingga para peserta bisa kembali fokus. 

3. Saat Konsentrasi Peserta Terpecah

Membuat acara yang menarik itu mudah, namun membuat para peserta selalu fokus dan konsentrasi terhadap acara yang selalu berlangsung itu cukup susah. Ice breaking dapat membantumu dalam mengembalikan konsentrasi peserta yang terpecah. 

Kamu dapat memilih permainan sambung kata atau tebak gambar seseorang untuk mengambil perhatian para peserta. Dua permainan ini akan sangat cocok untuk moderator aplikasikan sehingga para peserta bisa fokus dan acara menjadi kondusif. 

Jangan lupa untuk menambahkan hadiah dan sedikit hukuman kecil untuk menambah keasikan ice breaking. 

4. Sebelum Menutup Acara

Ice breaking adalah kegiatan yang mengasikkan dan dapat membangkitkan semangat para peserta dalam mengikuti sebuah acara atau perkumpulan. Namun manfaat dari ice breaking tidak hanya berlaku selama pembahasan sedang peserta lakukan.

Ice breaking juga dapat membantu moderator untuk membuat kesimpulan dengan cara mengajak peserta bermain terlebih dahulu. Bagi mereka yang tertunjuk, mereka dapat membantu untuk mengambil intisari dari kegiatan acara tersebut. 

Intermeso juga berfungsi untuk menambah keeratan dan rasa solid dari para peserta yang menghadiri acara tersebut. Semakin erat, maka semakin berkesan pula acara yang sedang kamu laksanakan.


Yuk, Kembali Fokus dengan Ice Breaking!

Merencanakan sebuah acara dengan tema tertentu dan pembahasan yang panjang akan membutuhkan banyak konsentrasi. Namun tidak semua peserta menyukai penjelasan panjang dan bahkan beberapa berpikir bahwa hal tersebut membosankan. 

Tugas dari pelaksana acara adalah membuat acara menjadi asyik dan berkesan. Kamu dapat mengaplikasikan ice breaking di sela-sela jadwal yang penuh. Sebab ice breaking dapat menjaga konsentrasi para peserta untuk tetap fokus, hingga membuat acara menjadi kondusif.

Perhatikan permainan apa yang sesuai dengan acara yang sedang berjalan. Ajak semua peserta untuk aktif, dan jangan lupa memberi apresiasi bagi mereka yang tetap fokus dan unggul dalam permainan. Jadi, apa itu permainan ice breaking yang akan kamu laksanakan?


Temukan berbagai tips kepemimpinan dan manajemen bisnis lainnya hanya di entreperneurcamp.id.

Baca juga:

Daftar situs judi slot online deposit pulsa

Leave a Reply

Your email address will not be published.